Write to be Right !!

Juli 24, 2008

Apa Yah … ?? Bingung, lagi iseng …

Filed under: Old school story — Izmi @ 5:13 am

Huaaahmmm ….

Duh, masih hari kerja yah ?? Bete nih lagi ngga sibuk-sibuk banget. Dan, ketika gw lagi ngelamunin sesuatu eh gw malah keinget sama guru gw yang menurut gw sangat baik dan beliau adalah sesosok orang yang luar biasa. Well, inilah sepenggal cerita tentang beliau.

Pertama gw kenal sama beliau dari waktu kelas 1 SMK, karena dulu waktu sekolah kan pas banget sama bulan Juli, waktu itu tahun 2004. Kebetulan gw udah direkrut sama kakak-kakak senior gw untuk kegiatan utama di luar kelas, untuk persiapan hari kemerdekaan yang ke-59 RI. Jadi, gw ngga masuk kelas kurang lebih 3 minggu. Lumayan sibuk juga karena gw harus ngebagi waktu antara kegiatan di lapangan sama pelajaran yang ngga boleh ketinggalan di kelas.

Blind ! Gw sama sekali ngga tau siapa aja guru-guru yang ngajar di kelas, baik itu pelajaran matematika, kewirausahaan, bahasa Inggris, ekonomi, dan masih banyak lagi (maklum udah lulus, jadi lupa gitu, hehe !). Parahnya lagi, gw ngga tau rupa wali kelas gw saat itu kayak gimana. Apalagi ketua jurusan gw pada waktu itu. Huaaah, ngga kebayang deh ! Sampai pada akhirnya gw masuk kelas juga pada akhir bulan Agustus 2004, tepatnya setelah pengibaran dan ngejalanin bonus jalan-jalan dari yayasan.

Mengejar ketinggalan pelajaran itu hal yang ngga mudah. Selain nguras tenaga, karena gw pulang abis maghrib melulu terus harus minjem buku ke rumah teman yang terdekat demi secuil catatan yang ngga boleh gw lewatkan satu baris pun, yang penting gw tau yang terjadi di dalam kelas itu pelajarannya apa. Akhirnya, tiba juga masa gw masuk sekolah dengan wajah yang menghitam gara-gara dijemur di lapangan tiap hari. Udah kayak anak baru banget gw masuk ke kelas sendiri. Dan, lumayan banyak kejutan juga. Selain waktu awal masuk sekolah gw belum kenal banget sama temen-temen di kelas, jadinya ya kayak kenalan dari awal aja gitu, hehe.

Belajar menghafal wajah guru-guru satu persatu, ketika mereka masuk kelas, biar gw tau dan ngga salah kalo mau nanya sama mereka. Dan, akhirnya tiba juga gw pada mata pelajaran yang gw sendiri namanya lupa. Tapi, intinya pelajaran ini pelajaran wajib, karena gw kan ngambil program keahlian Administrasi Perkantoran waktu itu. Segala macam yang namanya kersipan dan segala hal yang berhubungan sama pelajaran ini termasuk pelajaran stenografi (yang kebanyakan orang nyebutnya sebagai tulisan cacing). Jreng, jreng …. Lihat siapa yang masuk mengajar kami adalah seseorang bertubuh tambun, berkacamata, dan perut besar. Nama beliau adalah Drs. Laswardi. Dan seperti yang gw bilang beliau adalah satu sosok yang luar biasa. Di sini akan gw jabarkan beliau adalah sosok yang luar biasa lucu, menggemaskan, dan yang pasti beliau itu orangnya ramah dan bijaksana.

Tiga tahun gw sekolah di sana. Tiga tahun itu pula beliau mengajar di kelas kita anak-anak AP. Kelas yang jumlah siswinya hanya 35 orang, bisa dibilang kelas tercantik, karena isinya siswi semua. Terus, bisa dibilang juga kelas terberisik, teribut, terusuh, karena semua perempuan ini suka sekali yang namanya bercanda, protes, bergosip, hingga hilir mudik ke mana-mana ketika kelas tidak ada guru pengganti. Nah, pak guru inilah yang bikin kita semua jadi terhibur ketika satu-satunya pelajaran yang beliau yang ngajar dimulai. Beliau selalu terlebih dahulu mengabsen siswinya. Tapi, absennya pake lucu. Misalnya, ada salah satu murid yang namanya Yessika. Beliau suka sekali mengabsennya dengan begini, “Yessika ratu ayu, ketiban pohon jambu, kasian deh lo …”. Hahaha … hiburan sejenak, lumayan biar ngga tegang.

Sampai kita kelas 3, cuma dia yang setia dan peduli sama kelas kita. Padahal, biar perempuan semua tingkah laku kelas gw ini lumayan meresahkan para guru. Yang madolnya kuatlah, yang banyak urusan sama guru BP lah, waduh macem-macem deh. Ngga bisa gw sebutin karena banyak banget, hehe. Cuma beliau yang berani nanggung nilai anak-anak kelas gw, perihal anak ini banyak mengalami nilai kurang pada guru suatu mata pelajaran. Maksudnya anak ini kurang sopan sama guru satu bidang mata pelajaran atau anak ini malahan ngga dateng waktu lagi ulangan ataupun ujian. Nilainya malah ditambahin. Even, ini anak terbodoh. Ckckckck, heran gw !!

Pernah, sekali waktu pas gw ujian pagi di sekolah, cuma anak-anak yang kepengen dapet nilai dan absen karena ujian ini diadakan jam 10 pagi di ruang kelas kosong, beliau bilang sama kita, “yang kaga dateng mah, bapak masa bodoin aja. Biarin aja dia ngga dateng. Ngga bakalan ada ujian susulan atau her !”

Weits, tapi dasar beliau aja yang baiknya kebangetan. Pas kita udah masuk sekolah jam siangnya dia malahan bilang, “besok yang ngga dateng bapak kasih kesempatan terakhir untuk ulangan, kalo ngga ngga bakal bapak kasih nilai 7 di raport.” Gw menafsirkan seperti ini, kalo itu anak nilai ujiannya jelek ya tetep dapet nilai dari dia untuk raportnya. Baik bukan ?

Dan, gw tau banget kalo ini guru bakalan sayang banget dan akan terus mengingat anak yang menurut dia terbaik di kelas, ataupun baik dalam pelajaran yang dia ajarkan. Sampe berapa tahun pun, dia bakalan hafal nama siswa/siswi tersebut. Termasuk siswa/siswi yang menurutnya luar biasa bandel, yang hobi banget bolos sekolah, sampe yang suka kabur-kaburan dari rumah. Untungnya, gw termasuk yang kenal beliau lebih, jadi nama gw ngga ikutan rusak. Huehehe … 😉

Kebiasaan di dalam kelas yang ngga pernah gw lupa juga pastinya, kalo anak-anak lagi pada ribet nanya sama yang mejanya ada di deretan lain beliau pasti bakalan bilang gini, “eh, bocah, kuntilanak, orang-orangan sawah, dengerin bapak ngomong dulu nih, hayo duduk … duduk … !!” Baru deh semuanya diem. Sebab, dia juga termasuk yang ngga mau tau kalo ada anak yang telmi sama apa yang udah ia jelaskan secara detail dari awal. Coz, dia ngga suka anak pembangkang.

Selain itu, ia juga sosok religius. Karena dalam ceritanya yang membuat gw cukup ketawa geli, hehe, dia selalu bangun jam 2 dini hari untuk sholat malam. Kebetulan ada juga tetangga yang bangun pada jam-jam tersebut dan dia bilang, “bapak mah kalo ngucap laaillahaillallah ngga usah pake muter-muter kepala segala, ngapain ? Orang mah biasa aja, ngga usah pake yang begitu-begitu.”

Haha, ngapain juga gitu ? Yang penting ia menjalanii hidupnya dengan tenang dan penuh barakah dengan mengabdi sebagai seorang guru selama lebih dari 20 tahun. Masya Allah. Baru inget. Gw kan pernah jadi perwakilan kelas waktu diadakan promosi siswa yang diadain di salah satu sekolah, yang gw lupa nama sekolahnya apaan. Gw pernah dikasih pinjem buku tahun 1981, isinya tentang pelajaran sekretaris. Asli, itu buku terbitan tahun 1981. Kalo ngga salah juga itu buku yang dia punya waktu sekolah kejuruan. Wow, how’s great the book ?? Dan, akhirnya gw yang nyampulin itu buku. Karena udah keliatan tuanya, hehe.

Gw nulis ngasal banget yah ? Well, it’s just my little story about my favourite teacher. Meskipun, dalam artikel ini ngga gw ungkap semuanya, tapi cukuplah untuk sekedar nunjukin rasa bangga gw sama dia. Lain kali, gw mesti nulis juga tentang guru favorit gw yang laen kali yah ? Belom selesai nih ceritanya. Tapi gw udah keburu cape nih … hehehe.

Cheers …

Izmi Nurpratika

Iklan

4 Komentar »

  1. huaahh…jadi kangen masa2 sekolah..hiks..i miss my lovely teachers..meskipun mereka bawel, rese, galak, jayus, dll..tapi mereka pernah jadi satu bagian dari hidup gw & turut menghantarkan gw untuk menjadi gw yg sekarang..
    thx ya, bapak & ibu guru..maafkan saya yang nakal ini..

    Komentar oleh noanggie — Agustus 13, 2008 @ 4:19 pm | Balas

  2. Hueheheh … ketauan yah mba Anggie bandel waktu sekolah … :mrgreen:
    Sama aja sama aku mba … bandel waktu sekolah … 😉

    Komentar oleh IzMi — Agustus 14, 2008 @ 1:43 am | Balas

  3. ckckck Anggie dan Izmi…..kalo gue sih dari dulu terkenal gak gaul, kasian :mrgreen:

    Komentar oleh yonna — Agustus 19, 2008 @ 9:39 am | Balas

  4. Kayaknya ngga mungkin mba Yonna gak gaul :mrgreen: , secara di milis, forum, atau blog rame begitu … hehe …

    Komentar oleh Izmi — Agustus 20, 2008 @ 1:39 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: